Jumat, 08 Juli 2011

Makanan Yang Bikin Langsing

DATANG ke toko buku, Anda akan menemukan puluhan buku diet. Meskipun dibuat menarik, banyak di antaranya yang berisi informasi menyesatkan.
5 Makanan Bantu Jaga Tubuh Ramping"'Diet' adalah kata negatif. Label makanan diet membingungkan banyak orang. Apa yang termasuk makanan diet? Apakah makanan yang rendah kalori, rendah lemak, rendah sodium, rendah gula, bebas gluten, atau yang mana?," kata Jane Korsberg, instruktur senior di Departemen Nutrisi Case Western Reserve University di Cleveland.
Selain itu, banyak pediet yang secara khusus menargetkan makanan justru jarang memuaskan.
Camilan mengandung 100 kalori, misalnya, dibuat untuk membantu orang mengendalikan kalori, tapi kenyataannya sering tidak berhasil, membuat mereka kerap lapar sepanjang hari.
Anda tidak perlu rencana rumit untuk menjadi ramping. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat pilihan makanan cerdas, memerhatikan porsi makan, dan tetap aktif bergerak.
"Belajar untuk makan dengan benar akan lebih bermanfaat. Penekanannya harus pada memilih makanan sehat setiap hari dan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik," tukas Jane.
Jika Anda membutuhkan beberapa rekomendasi, Anda bisa mulai dengan lima pilihan makanan lezat sekaligus menjaga tubuh ramping berikut ini, seperti diulas Livestrong.
Apel
Apel merupakan sumber serat makanan yang baik. Serat pangan tidak hanya memberikan kontribusi untuk sistem pencernaan yang sehat dan kolesterol berkurang, tetapi juga bermanfaat bagi pemakan cerdas karena tidak menghasilkan banyak kalori.
Sebuah studi dalam jurnal Appetite menemukan bahwa ketika wanita menambahkan tiga buah apel atau pir dalam menu harian, berat badan mereka akan turun, lebih dari orang yang menambahkan tiga kue gandum dalam diet mereka, meskipun keduanya mengandung jumlah serat yang sama.
Menurut Alan Aragon, ahli gizi dan penulis Girth Control: The Science of Fat Loss & Muscle Gain, kerenyahan makanan, seperti pada apel, dapat menjadi trik bagi seseorang untuk merasa lebih kenyang. Tindakan mengunyah dapat mengirim sinyal kenyang ke tubuh.
Kacang almond
Jika Anda sedang mencari santap siang lezat, segenggam almond adalah pilihan yang baik. Sebuah studi pada 2009 yang dimuat dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa wanita yang makan kacang almond setidaknya dua kali sepekan lebih berhasil menjaga berat badan daripada mereka yang tidak memakannya.
Satu ons kacang almond hanya mengandung 167 kalori, 6 gr protein, dan 3 gr serat, komposisi nutrisi yang akan membuat Anda merasa kenyang. Selanjutnya, seperti apel, almond tergolong makanan renyah sehingga bisa membuat Anda cepat kenyang.
Ikan salmon
Seafood dapat menjadi bagian dari diet yang sehat. Terdapat beberapa bukti bahwa lemak dalam ikan salmon dapat meningkatkan rasa kenyang. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, misalnya, menemukan bahwa ketika pediet makan salmon beberapa kali sepekan, mereka kehilangan sekira 2 kg lebih banyak dibanding mereka yang tidak memasukkan makanan laut dalam menu dietnya.
Kandungan lemak ikan salmon relatif rendah, tiap 3 ons hanya mengandung 175 kalori. Salmon juga sumber protein yang baik.
Telur
Tidak ada keraguan bahwa protein, seperti serat, memiliki kekuatan mengenyangkan yang mengesankan, salah satunya telur. Penelitian menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat membantu Anda melawan rasa lapar sepanjang hari.
Sebuah studi yang dilaporkan pada 2008 dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa ketika pediet makan dua telur untuk sarapan selama lima hari sepekan, mereka kehilangan berat badan 65 persen lebih banyak dari pediet yang sarapan roti. Telur membantu Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari.
Tomat
Sayuran non-tepung seperti wortel, seledri, dan bayam, mengandung banyak serat. Seperti makanan lain yang tinggi serat, makanan ini dapat membantu membuat Anda merasa kenyang. Tomat adalah pilihan berikutnya yang baik sekaligus lezat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar