Senin, 11 Juli 2011

Perkembangan Otak Manusia

Berdasarkan berkembangnya kemampuan manusia modern pertama dalam mengukir batu-batuan, para ilmuwan berprediksi bahwa otak manusia baru berkembang secara utuh sejak 80 ribu tahun yang lalu.

Seperti yang dikutip dari The Hindu, Senin (11/7/2011), para ilmuwan mengatakan bahwa peningkatan kemampuan manusia modern pertama dalam mengukir batu-batuan, ikut berkontribusi dalam cara manusia berpikir dan berperilaku.

'Teknologi' masa lampau tersebut membutuhkan langkah perencanaan dan pengembangan interaksi sosial. Hal inilah yang dikorelasikan oleh ilmuwan bahwa otak manusia saat itu berhasil mengembangkan kemampuan baru.
Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa Homo Sapiens muncul sejak 200 ribu tahun yang lalu, namun perkembangan cara berpikir maupun perilaku manusia modern terjadi sedikit telat. Para ilmuwan pun berprediksi bahwa perkembangan otak pada manusia modern awal terjadi sekira 80 ribu tahun yang lalu.

"Penggalian ini telah dilakukan di sebuah gua yang kecil, sementara lokasi penelitian tersebut kami sebut Hollow Rock Shelter, yang berada di 250 km Cape Town, Afrika Selatan," ujar Profesor Lars Larson, yang memimpin penggalian tersebut.

"Kami juga bekerjasama dengan pihak University of Cape Town untuk penelitian ini. Selain itu, perlu diketahui bahwa hasil penelitian ini merupakan bagian dari proyek sains yang lebih besar di lokasi tersebut," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar