Kamis, 23 Juni 2011

Jurus Gus Dur VS Raja Fahd

Presiden Abudrahman Wahid pernah melobi pemerintah kerajaan Arab Saudi untuk menyelamatkan TKI asal Indonesia, Siti Zaenab yang terancam hukuman pancung. Hasil lobi Gus Dur membuat Siti Zaenab pun lolos dari hukuman pancung, meskipun Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan Gus Dur hanya menunda hukuman pancung bagi Siti zaenab.

Kemampuan Gus Dur melobi Raja Faad ini, ternyata tak hanya diakui oleh rakyat Indonesia, tapi rakyat Arab Saudi pun mengakui kehebatan diplomasi Gus Dur. Bagaimana tidak, Gus Dur adalah orang yang mampu membuat Raja Faad terbahak-bahak.

Menurut adik kandung gus Dur, Lily Wahid saat itu, media-media di Arab Saudi memajang foto Gus Dur dan Raja Fahd yang sedang tertawa. “Hanya Gus Dur yang bisa membuat Raja Fahd ketawa, Gus Dur telah membuat sejarah selain berhasil membebaskan TKI yang dihukum pancung, Gus dur juga bisa membuat raja Arab Saudi tertawa terbahak-bahak,” kata Lily di Jakarta, Kamis (23/6/2011).

Hal tersebut tidak pernah terjadi ataupun dibayangkan oleh rakyat Arab Saudi. “Di media Arab Saudi Raja Fahd tertawa terbahak-bahak sampai langit mulut raja kelihatan. Itu tak pernah terjadi ,” katanya.

Tentu saja, hal itu membuat orang heran. Ketika itu banyak yang bertanya, kok bisa membuat raja tertawa. “Gus Dur mengatakan, ya tentu saja bisa karena raja tetap manusia, Gus Dur bilang mungkin ada sesuatu yang tidak Anda mengerti,” kata Lily menirukan ucapan Gus Dur.

Lalu apa yang dikatakan Gus Dur kepada Raja Fahd? Gus Dur ketika itu hanya berkata, “Raja Faad adalah satu-satunya orang arab yang tidak beristri dua.”

Pernyataan itulah yang membuat Raja Fahd terbahak-bahak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar